Pengertian Abrasi Pantai

Pengertian Abrasi Pantai

Pengertian Abrasi Pantai adalah proses dimana terjadi pengikisan pantai yang disebabkan oleh tenaga gelombang laut dan arus laut yang bersifat merusak.

Pengertian Abrasi Pantai


Abrasi atau Erosi Pantai


Kerusakan garis pantai tersebut dikarenakan terganggunya keseimbangan alam daerah dipantai tersebut. Dan meski Abrasi dapat disebabkan oleh gejala alami tapi manusia lah yang dijadikan sebagai penyebab utama terjadinya abrasi. Abrasi ini dapat terjadi kerena beberapa faktor antara lain, faktor alam, faktor manusia, dan salah satu untuk mencegahnya tejadinya abrasi tersebut yakni melakukan penanaman hutan mangrove. Beberpa faktor alam yang dapat menyebabkan abrasi antara lain, angin yang bertiup di atas lautan sehingga menimbulkan gelombang serta arus laut yang  mempunyai kekuatan untuk mengikis sutau daerah pantai.



Akibat dari abrasi ini akan menyebabkan pantai menggetarkan batuan ataupun tanah dipinggir pantai sehingga lama-kelamaan akan berpisah dengan daratan dan akan mengalami abrasi pantai. Proses terjadi Abrasi yaitu pada saat angin yang bergerak dilaut menimbulkan arus serta gelombang mengarah ke pantai, sehingga apabila proses ini berlangsung lama akan mengikis pinggir pantai.
Kekuatan gelombang terbesar dapat terjadi pada waktu terjadi badai dan badai inilah yang mempercepat terjadi proses pantai. Abrasi ini selain disebabkan faktor alam bisa juga disebabkan karena faktor manusia, seperti contoh melakukan penambangan pasir, dikatakan demikian karena penambangan pasir begitu penting terhadap abrasi suatu pantai yang dapat menyebabkan terkurasnya pasir laut dan inilah sangat berpengaruh terhadap arah dan kecepatan arus laut karena akan menghantam pantai.



Adapun Definisi Abrasi Pantai adalah proses terjadi pengikisan pantai yang disebabkan oleh kekuatan gelombang laut dan arus laut yang bersifat merusak. Salah satu tindakan manusia yang membuat terjadinya abrasi adalah melakukan kegiatan pengambilan batu dan pasir di pesisir pantai untuk digunakan sebagai bahan bangunan dan lain sebagainya. Selain itu penebangan pohon-pohon pada hutan pantai atau hutan mangrove dapat memacu terjadi abrasi pantai yang lebih cepat.

Beberapa Zone Abrasi Pantai yang Dapat Tumbangkan Pohon Pantai, Antara lain:

  1. Zone Barringtonia, zone Barringtonia dimana terdapat beberapa jenis pohon Barringtonia asitica, pongamia pinnata merr, cordia subcordata L, calophyllum inophyllum L. Terminilia cattapa L.
  2. Zone Ipomea Pescaprae, zone ini didominasi oleh ipomea pescaprae serta spinifex littoreus/rumput angin

Adapun Cara Mencegah Terjadi Abrasi, Antara lain:

  1. Penanaman pohon Mangrove
  2. Memelihari pohon Mangrove atau jenis pohon lainnya
  3. Penanaman pohon pada hutan pantai
Cukup sekian artikel kali ini tentang Pengertian Abrasi Pantai dan semoga setelah membaca dapat menambah ilmu pengetahuan khususnya mahasiswa teknik perkapalan. Terima Kasih Semoga Bermanfaat.

0 Response to "Pengertian Abrasi Pantai"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel